PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)

Sebagai Orang tua jaman sekarang, tentu kita akan berlomba-lomba memasukkan anak kita ke jenjang sekolah. Anak belum genap 3 tahun saja sudah antri dapat pendidikan pre-school, dengan alasan takut kalau dari awal sekolahnya tidak bagus, nantinya susah dapat SD, SMP, atau SMA yang bagus. 


Berbeda konsep dengan negara yang pendidikannya berada di nomor satu Dunia,Finlandia. Tidak ada kekhawatiran yang mendasar seperti itu, bahkan menurut hukum, anak-anak baru boleh mulai bersekolah ketika berumur 7 tahun.

Awal yang lebih telat jika dibandingkan negara-negara lain itu justru berasal dari pertimbangan mendalam terhadap kesiapan mental anak-anak untuk belajar. Pendidikan disana juga meyakini keutamaan bermain dalam belajar, berimajinasi, dan menemukan jawaban sendiri. Anak-anak di usia dini justru didorong untuk lebih banyak bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Bahkan penilaian tugas tidak diberikan hingga mereka kelas 4 SD. Hingga jenjang SMA pun, permainan interaktif masih mendominasi metode pembelajaran. 

Metode diatas mirip sekali dengan kurikulum yang mulai dimasukkan kedalam sekolah-sekolah kita, Kurikulum 2013. Sejatinya dunia pendidikan Indonesia melangkah lebih maju dan lebih baik. 




0 Response to "PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)"

Post a Comment

Flag Counter