1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

 

saya percaya bahwa murid membutuhkan guru sebagai pusat dari segala ilmu pengetahuan, guru sebagai pusat pembelajaran dan juga sebagai sumber ilmu. Sudut pandang selama ini dalam tata tertib di sekolah, mulai dari sanksi dan hukuman adalah jalan keluar yang paling pas.

Model Pembelajaran yang saya sampaikan kepada siswa sesuai dengan buku pelajaran dalam kelas. Jadi kebutuhan akan siswa yang beragam tidak terdeteksi sepenuhnya. Pembelajaran yang terkesan memaksa untuk bisa melaksanakan pembelajaran secara maksimal.

 


Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?

Cara pandang saya dalam mendidik siswa, bahwasannya pusat pengetahuan dalam kelas bukanlah terletak pada guru, namun siswa itu sendiri. Siswa sebagai pusat pembelajaran memberikan makna bahwa siswa memiliki kebutuhan dan keberagaman masing-masing, tidak bisa kita “menuntut” harus bisa sama atau homogen. Yang perlu kita lakukan adalah “menuntun” sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman yang dimiliki siswa.

 

Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?

Pertama, yang bisa segera saya terapkan adalah dengan memberikan ruang kebebasan dalam mencari informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan di sekolah, baik lewat lingkungan sekitar sekolah, rumah dan masyarakat.

Yang kedua memberikan pembelajaran yang menarik dikelas dengan pemilihan berbagai media pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kelas, seperti pemberian gambar, video dan juga sekali-kali memberikan penglaman pembelajaran diluar kelas.

0 Response to "1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara"

Post a Comment

Flag Counter