1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?
saya percaya bahwa murid membutuhkan guru sebagai pusat dari
segala ilmu pengetahuan, guru sebagai pusat pembelajaran dan juga sebagai
sumber ilmu. Sudut pandang selama ini dalam tata tertib di sekolah, mulai dari
sanksi dan hukuman adalah jalan keluar yang paling pas.
Model Pembelajaran yang saya sampaikan kepada siswa sesuai
dengan buku pelajaran dalam kelas. Jadi kebutuhan akan siswa yang beragam tidak
terdeteksi sepenuhnya. Pembelajaran yang terkesan memaksa untuk bisa
melaksanakan pembelajaran secara maksimal.
Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
Cara pandang saya dalam mendidik siswa, bahwasannya
pusat pengetahuan dalam kelas bukanlah terletak pada guru, namun siswa itu
sendiri. Siswa sebagai pusat pembelajaran memberikan makna bahwa siswa memiliki
kebutuhan dan keberagaman masing-masing, tidak bisa kita “menuntut” harus bisa
sama atau homogen. Yang perlu kita lakukan adalah “menuntun” sesuai dengan
kodrat alam dan kodrat zaman yang dimiliki siswa.
Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas
saya mencerminkan pemikiran KHD?
Pertama, yang bisa segera saya terapkan adalah dengan
memberikan ruang kebebasan dalam mencari informasi yang berkaitan dengan ilmu
pengetahuan di sekolah, baik lewat lingkungan sekitar sekolah, rumah dan
masyarakat.
Yang kedua memberikan pembelajaran yang menarik dikelas
dengan pemilihan berbagai media pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kelas,
seperti pemberian gambar, video dan juga sekali-kali memberikan penglaman
pembelajaran diluar kelas.
0 Response to "1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara"
Post a Comment