Solusi Mengatasi Mutasi Siswa di Verval PD

Selamat datang di web pendataan operator sekolah, kali ini kami akan membahas tentang Solusi Mengatasi Mutasi Siswa di Verval PD. Karena banyak sekali dilapangan, kita menemukan permasalahan ketika kita memasukkan data siswa yang sudah mempunyai NISN ke sekolah kita sering terjadi NISN gan da atau NISN yang tidak ditemukan.

Solusi untuk mengatasi masalah,antara lain  :
  1. Kunjungi alamat VervalPD http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau disini
  2. Login sesuai data sekolah anda
  3. Klik pada kolom "Belum Memiliki NISN"
  4. Pilih siswa mutasi tersebut lalu klik "Mutasi Siswa"
  5. Isi dan lengkapi data sekolah asal "Provinsi - Kabupaten - Nama Sekolah". Untuk Nama Sekolah Asal apabila tidak muncul, silahkan ketik manual nama sekolah asal tersebut sesuai nomenklaturnya. Contoh : SD Negeri ...... atau SDN ....... atau SD N ......... Apabila sudah muncul nama sekolah yang dimaksud, klik pilih sekolah tersebut.
  6. Cari data nama siswa yang pindah ke sekolah kita, gunakan fitur search atau filter berdasarkan nama
  7. Apabila data siswa yang mutasi sudah ditemukan, silahkan klik "Pilih Siswa"
  8. Jika data siswa dan/atau sekolah asal benar-benar tidak ditemukan, Klik tombol “Tidak Ditemukan” (HATI-HATI menggunakan tombol Tidak Ditemukan, Karena dampaknya siswa tersebut akan terbit NISN baru dan menjadi double apabila sebelumnya sudah punya NISN. Maka dari itu, data siswa dan/atau sekolah asal  harus benar-benar dicari terlebih dahulu)
  9. Di menu Status Pengajuan Mutasi akan muncul nama siswa tadi, tungguadmin kab/kota mengapprove, jika sudah diapprove akan muncul waktu respon,
  10. Jika sudah berhasil, maka siswa tersebut akan masuk ke dalam kolom referensi dengan NISN yang sudah dia dapatkan dari sekolah asal.

Apabila siswa tidak ditemukan di sekolah asal, bisa saja siswa tersebut belum dimutasikan / dikeluarkan dari Aplikasi Dapodik. Solusinya hubungi Operator Sekolah Asal.

Semoga bermanfaat
Salam



0 Response to "Solusi Mengatasi Mutasi Siswa di Verval PD"

Post a Comment

Flag Counter