1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

Nilai dan peran guru penggerak yang saya ketahui adalah kompetensi pribadi yang dimiliki seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolahnya. Kompetensi pribadi berupa nilai yang dimiliki antara lain Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif dan berpihak pada murid. Kompetensi sebagai peran guru penggerak antara lain menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid.  

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

Menurut saya keterkaitan antara Nilai dan peran guru penggerak dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara yang paling utama adalah berpusat pada murid atau biasa disebut "menghamba pada anak". Kita Sebagai guru tentu harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh murid sehingga kita bisa memberikan apa yang dibutuhkannya. 

Diibaratkan Guru sebagai petani, yang menanam padi mulai dari penyemaian, penanaman, pemeliharaan (pemupukan dan pengairan" sampai dengan hasil padi yang baik. Proses penanaman padi dari awal sampai akhir membutuhkan proses nilai dan peran petani. Begitu pula sebagai guru penggerak, dalam prosesnya untuk membentuk profil pelajar pancasila.

Guru sebagai tauladan bagi siswa lebih mempunyai kesempatan dalam menuntun siswa untuk menjadi generasi yang merdeka dalam bergerak, berinovasi, berekpresi, melakukan pembaruan positif yang berguna bagi dirinya sendiri, orang lain, bangsa dan negara.

Strategi sebagai Guru Penggerak

Strategi sebagai calon guru penggerak  dalam mencapai nilai dan peran tersebut antara lain belajar dengan baik, disiplin waktu, kreatif dan inovatif, kolaborasi dengan sesama rekan baik dari CGP ataupun teman sejawat, ikut berpartisipasi dalam kegiatan positif, aktif menggerakkan komunitas lain dan menjadi pembelajar sekaligus coach baik dirinya sendiri aupun orang lain.

Pendukung kegiatan Program Guru Penggerak

Dalam mewujudkan nilai dan peran guru penggerak saya merasa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang ada di sekolahan, kolaborasi menunjukkan peran positif dari masing-masing pihak. Kepala sekolah, menjadi pemangku kebijakan sekolah yang memberikan ayoman dan dukungan yang besar terhadap pelaksanaan Program Guru Penggerak ini. Guru sebagai rekan sejawat memberikan sumbangsih ide dan gagasan dalam memecahkan masalah dilingkup sekolah. Orang tua murid yang memberikan motivasi kepada anak didik untuk mengenyam pendidikan di sekolah. Anak didik menjadi pembelajar utama yang merupakan pusat pembelajaran. Teman CGP lain sebagai tempat berdiskusi positif dan menularkan pengalaman serta solusi terhadap permasalahan yang ditemukan.

Kesimpulan

Sebagai guru penggerak harus bisa menanamkan nilai-nilai tersebut dalam diri sendiri dan mengembangkan peran positif agar bermanfaat bagi anak didik, guru lain dan dunia pendidikan.

2 Responses to "1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak"

  1. setuju pak dalam diri sendiri dulu yang perlu kita tanamkan nilai-nilai dan peran guru penggerak ini

    ReplyDelete

Flag Counter