Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional
TUGAS 2.2.a.7 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL RPP PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL |
Satuan Pendidikan : SD Negeri Kadilangu
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Merawat Hewan dan Tumbuhan (Tema 6)
Sub Tema : Hewan di Sekitarku (Sub Tema
1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks bacaan dengan huruf tegak bersambung,
siswa dapat membaca teks cerita yang ditulis dengan huruf tegak bersambung
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan menulis tugas-tugas sekolah selama seminggu, siswa
mampu menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai dengan aturan penulisan.
3. Dengan membaca teks tentang tata tertib di sekolah, siswa
mampu mengidentifikasi tata tertib di sekolah dengan benar.
4. Dengan menuliskan tata tertib di sekolah, siswa mampu
menceritakan pengalamannya mematuhi tata tertib di sekolah dengan benar.
5. Dengan memasangkan gambar, siswa mampu menyebutkan satuan
baku ukuran berat.
6. Dengan menentukan ukuran berat benda sesuai gambar, siswa
dapat mengukur berat benda dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
menujuk salah satu perwakilan peserta didik sesuai jadwal memimpin doa. (KSE:
Kesadaran diri, membiasakan siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran) v
Guru meminta murid untuk menyampaikan
kondisi/perasaan mereka melalui emoticon/stiker yang sesuai (hal ini untuk
menarik perhatian murid yang visual) dengan cara disajikan gambar di slide
kemudian siswa menebak emosi pada gambar (KSE: Pengelolaan emosi). v Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
(Motivasi) |
10 menit |
Inti |
(Sintak Model
Discovery Learning) Ayo Membaca 1. Guru meminta murid
untuk mengamati teks bacaan yang ada dibuku tema, siswa dapat menyebutkan tentang apa yang
ada dalam gambar (diferensiasi konten) 2. Guru dan murid melakukan kesepakatan
dalam membaca teks, dengan permainan lempar kertas, dimana siswa yang
terkena lemparan akan maju kedepan untuk membaca teks (KSE: Kesadaran diri) 3. Guru membaca teks memastikan penugasan
hari ini, dalam PB 6 tugas nya adalah memainkan peran, jadi ada beberapa
siswa yang maju untuk bermain peran sesuai peran yang telah ditetapkan (KSE:
Kesadaran sosial) 4. Siswa maju kedepan untuk bermain peran dengan membaca teks bacaan yang ada pada buku. 5. Guru memberikan
penekanan kepada kebiasaan positif Lani (peran dalam bacaan) dalam mengikuti semua peraturan sekolah. 6. Siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks bacaan yang ia baca. (Literasi, Critical Thingking and Problem Solving) Ayo Berlatih 1. Siswa berlatih
untuk menulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan menuliskan
tugas-tugas sekolah yang ia lakukan dalam seminggu. (Creativity and Innovation) Ayo Mengamati 1. Siswa mengamati
gambar Lani memberi makan kelinci. 2. Guru bertanya
jawab dengan siswa mengenai hewan-hewan yang ada di sekitar dan makanan yang
dibutuhkan. 3. Guru juga
memfasilitasi siswa untuk memperhatikan gambar wortel yang ditimbang. 4. Siswa mencermati
berat wortel sesuai yang ditunjukkan oleh gambar. (Critical Thingking and
Problem Solving) Ayo Berdiskusi 1. Siswa berdiskusi
dengan teman di sebelahnya tentang makanan hewan peliharaan. 2. Siswa membuat
pertanyaan tentang hewan peliharaan. 3. Siswa saling
bertukar petanyaan dan menjawab pertanyaan temannya. 4. Perwakilan murid
menyampaikan simpulan hasil diskusi baik melalui gambar, tulisan ataupun presentasi
langsung sesuai dengan gaya belajar masing-masing. (diferensiasi proses) (Collaboration, Communication) |
150 menit |
|
||
Penutup |
1. Murid beserta guru
merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini baik secara langsung. murid
melakukan relaksasi dengan teknik STOP (KSE: Pengelolaan diri) 2. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya 3. Murid beserta guru
merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini baik secara langsung. (KSE:
Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) 4. Guru meminta murid
untuk menuliskan sebuah kartu ucapan terima kasih kepada orang yang dianggap
telah membantunya hari ini. Murid dapat mengirimkan kartu tersebut kepada
orang yang dituju. (KSE: Keterampilan Relasi) 5. Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pertemuan selanjutnya. 6.
Guru menutup pembelajaran
dengan salam dan hamdalah. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Rini Dwi Pangesti, S. Pd. NIP. 19640806 198508 2 003 |
|
Guru Kelas II Hasannudin, S. Pd NIP. |
0 Response to "Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional"
Post a Comment