Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional

TUGAS 2.2.a.7 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

RPP PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

 

Satuan Pendidikan              :  SD Negeri Kadilangu

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                   :  Merawat Hewan dan Tumbuhan (Tema 6)

Sub Tema                           :  Hewan di Sekitarku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika

Pembelajaran ke                 :  6

Alokasi waktu                      :  1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan diberikan teks bacaan dengan huruf tegak bersambung, siswa dapat membaca teks cerita yang ditulis dengan huruf tegak bersambung dengan lafal dan intonasi yang tepat.

2.      Dengan menulis tugas-tugas sekolah selama seminggu, siswa mampu menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai dengan aturan penulisan.

3.      Dengan membaca teks tentang tata tertib di sekolah, siswa mampu mengidentifikasi tata tertib di sekolah dengan benar.

4.      Dengan menuliskan tata tertib di sekolah, siswa mampu menceritakan pengalamannya mematuhi tata tertib di sekolah dengan benar.

5.      Dengan memasangkan gambar, siswa mampu menyebutkan satuan baku ukuran berat.

6.      Dengan menentukan ukuran berat benda sesuai gambar, siswa dapat mengukur berat benda dengan benar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v  Melakukan Pembukaan dengan Salam dan menujuk salah satu perwakilan peserta didik sesuai jadwal memimpin doa. (KSE: Kesadaran diri, membiasakan siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran)

v  Guru meminta murid untuk menyampaikan kondisi/perasaan mereka melalui emoticon/stiker yang sesuai (hal ini untuk menarik perhatian murid yang visual) dengan cara disajikan gambar di slide kemudian siswa menebak emosi pada gambar (KSE: Pengelolaan emosi).

v  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Membaca

1.      Guru meminta murid untuk mengamati teks bacaan yang ada dibuku tema, siswa dapat menyebutkan tentang apa yang ada dalam gambar (diferensiasi konten)

2.      Guru dan murid melakukan kesepakatan dalam membaca teks, dengan permainan lempar kertas, dimana siswa yang terkena lemparan akan maju kedepan untuk membaca teks (KSE: Kesadaran diri)

3.      Guru membaca teks memastikan penugasan hari ini, dalam PB 6 tugas nya adalah memainkan peran, jadi ada beberapa siswa yang maju untuk bermain peran sesuai peran yang telah ditetapkan (KSE: Kesadaran sosial)

4.      Siswa maju kedepan untuk bermain peran dengan membaca teks bacaan yang ada pada buku.

5.      Guru memberikan penekanan kepada kebiasaan positif Lani (peran dalam bacaan) dalam mengikuti semua peraturan sekolah.

6.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks bacaan yang ia baca. (Literasi, Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Berlatih

1.      Siswa berlatih untuk menulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan menuliskan tugas-tugas sekolah yang ia lakukan dalam seminggu. (Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati

1.      Siswa mengamati gambar Lani memberi makan kelinci.

2.      Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai hewan-hewan yang ada di sekitar dan makanan yang dibutuhkan.

3.      Guru juga memfasilitasi siswa untuk memperhatikan gambar wortel yang ditimbang.

4.      Siswa mencermati berat wortel sesuai yang ditunjukkan oleh gambar.

(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Berdiskusi

1.      Siswa berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang makanan hewan peliharaan.

2.      Siswa membuat pertanyaan tentang hewan peliharaan.

3.      Siswa saling bertukar petanyaan dan menjawab pertanyaan temannya.

4.      Perwakilan murid menyampaikan simpulan hasil diskusi baik melalui gambar, tulisan ataupun presentasi langsung sesuai dengan gaya belajar masing-masing. (diferensiasi proses)

(Collaboration, Communication)

150

menit

 

Penutup

1.      Murid beserta guru merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini baik secara langsung. murid melakukan relaksasi dengan teknik STOP (KSE: Pengelolaan diri)

2.      Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya

3.      Murid beserta guru merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini baik secara langsung. (KSE: Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

4.      Guru meminta murid untuk menuliskan sebuah kartu ucapan terima kasih kepada orang yang dianggap telah membantunya hari ini. Murid dapat mengirimkan kartu tersebut kepada orang yang dituju. (KSE: Keterampilan Relasi)

5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan selanjutnya.

6.      Guru menutup pembelajaran dengan salam dan hamdalah.

15 menit

 

C.     PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

 

 

Rini Dwi Pangesti, S. Pd.

NIP. 19640806 198508 2 003

Guru Kelas II

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasannudin, S. Pd

NIP.

 


0 Response to "Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional"

Post a Comment

Flag Counter