3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mempraktikkan pengetahuan dan keterampilannya tentang pengelolaan sumber daya yang memanfaatkan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.
Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA, Bapak/Ibu CGP akan mendapat kesempatan untuk menjalankan rancangan yang sudah dibuat pada tahap Koneksi Antarmateri. Selama menjalankan Aksi Nyata, dokumentasikanlah proses yang terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang Anda anggap penting. Dokumentasi dapat berupa foto atau video.
Dalam tugas ini saya menggunakan dokumentasi berupa foto dalam pemetaan Aset yang ada di sekolah kami. Berikut adalah peroses rangkain BAGJA yang telah kami buat.
PRAKARSA
PERUBAHAN |
|
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban |
B-uat pertanyaan
(Define) ●
Membuat
pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/
peluang; ●
Menggalang
atau membangun koalisi tim perubahan |
● Apa yang harus saya lakukan untuk melakukan pemetaan
asset yang ada di sekolah? |
·
Mencari informasi kepada kepala sekolah, Guru Senior dan juga warga
sekolah ·
Berkonsultasi dengan Komite sekolah |
A-mbil pelajaran
(Discover) ●
Menyusun
pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat
investigasi; ●
Menentukan
bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok
kecil/besar, survei individu, multi unsur |
● Siapakah orang yang pernah melakukan pemetaan asset
di sekolah? ● Bagaimana dia mengatur waktu pemetaanya ● Aktifitas apa yang dia lakukan ketikan melakukan
pemetaan asset? ● Ketrampilan apa yang sudah saya kuasai untuk
melakukan pemetaan> |
·
Mencari profil atau salah seorang guru, komite atau warga sekolah yang
pernah melakukannya ·
Mencari tahu dan mencatat bagaimana dia mengatur waktu dan cara
pemetaanya |
G-ali
mimpi (Dream) ●
Menyusun
deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud; ●
Mengalokasikan
kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja). |
● Apakah ada kebiasaan baru yang akan muncul ketiak
melakukan pemetaan asset? ● Bagaimana perasaan saya Ketika sudah mendapatkan
data pemetaan asset? ● Apa saja hal baru yang akan saya lakukan setela
mempunya data pemetaan asset? ●
Apa hal-hal sumberdaya yang kit akita bayangkan akan tersedia untuk
mempertahankan asset yang sudah kita miliki?
|
·
Membuat gambaran atau diagram asset yang sudah lengkat dan terdata
rapi ·
Memajangnya di dinding, wallpaper laptop agar terus teringat untuk
melangkah ke hal selanjutnya |
J-abarkan rencana
(Design) ●
Mengidentifikasi
tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil
sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan
memudahkan keseluruhan pencapaian; ●
Menyusun definisi
kesuksesan pencapaian |
● Apa Langkah sederhana yang pertama kali bisa
dilakukan ● Berapa lama target akan terpenuhi? ● Apa Tindakan-tindakan yang bisa mendukung usaha-usaha
mencapai pemetaan asset yang baik? ● Bagaiman mengukur kemajuan dan melanjutkan Langkah ● Bagaimana cara untuk saling menyemangati usaha
Bersama mencapai pemetaan asset yang baik |
·
Membuat capaian realistis untuk tiap minggunya. ·
Membuat catatan besar target yang akan dicapai setiap minggunya ·
Memasang pengingat di jam tangan, hp, catatan untuk mengingat asset
yang telah dicatat |
A-tur eksekusi
(Deliver) ●
Menentukan
siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan; ●
Mendesain
jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management,
monev/refleksi) |
● Siapa yang bisa memantau dan mengarahkan saya untuk
mendata asset yang dimiliki sekolah? ● Siapa yang akan saya libatkan dari program ini. ● Kapan kegiatan ini akan dimulai? ● Bagaimana pencataatan kemajuan pemetaan asset Ketika
selesai ● Siapa yang akan menampung curhatan dalam melakukan
usaha pemetaan asset? |
Menhgajak rekan sejawat yang mempunyai keinginan
sama. Bergabung dengan tim asset sekolah |
0 Response to "3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"
Post a Comment