3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP mempraktikkan pengetahuan dan keterampilannya tentang pengelolaan sumber daya yang memanfaatkan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.


Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA, Bapak/Ibu CGP akan mendapat kesempatan untuk menjalankan rancangan yang sudah dibuat pada tahap Koneksi Antarmateri. Selama menjalankan Aksi Nyata, dokumentasikanlah proses yang terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang Anda anggap penting. Dokumentasi dapat berupa foto atau video. 


Dalam tugas ini saya menggunakan dokumentasi berupa foto dalam pemetaan Aset yang ada di sekolah kami. Berikut adalah peroses rangkain BAGJA yang telah kami buat.

  

PRAKARSA PERUBAHAN

 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

      Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

      Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

       Apa yang harus saya lakukan untuk melakukan pemetaan asset yang ada di sekolah?

 

·        Mencari informasi kepada kepala sekolah, Guru Senior dan juga warga sekolah

·        Berkonsultasi dengan Komite sekolah

 

 

A-mbil pelajaran (Discover)

      Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

      Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

 

       Siapakah orang yang pernah melakukan pemetaan asset di sekolah?

       Bagaimana dia mengatur waktu pemetaanya

       Aktifitas apa yang dia lakukan ketikan melakukan pemetaan asset?

       Ketrampilan apa yang sudah saya kuasai untuk melakukan pemetaan>

 

·        Mencari profil atau salah seorang guru, komite atau warga sekolah yang pernah melakukannya

·        Mencari tahu dan mencatat bagaimana dia mengatur waktu dan cara pemetaanya

G-ali mimpi (Dream)

      Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

      Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

 

       Apakah ada kebiasaan baru yang akan muncul ketiak melakukan pemetaan asset?

       Bagaimana perasaan saya Ketika sudah mendapatkan data pemetaan asset?

       Apa saja hal baru yang akan saya lakukan setela mempunya data pemetaan asset?

       Apa hal-hal sumberdaya yang kit akita bayangkan akan tersedia untuk mempertahankan asset yang sudah kita miliki?

 

·        Membuat gambaran atau diagram asset yang sudah lengkat dan terdata rapi

·        Memajangnya di dinding, wallpaper laptop agar terus teringat untuk melangkah ke hal selanjutnya

J-abarkan rencana (Design)

        Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

       Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

 

       Apa Langkah sederhana yang pertama kali bisa dilakukan

       Berapa lama target akan terpenuhi?

       Apa Tindakan-tindakan yang bisa mendukung usaha-usaha mencapai pemetaan asset yang baik?

       Bagaiman mengukur kemajuan dan melanjutkan Langkah

       Bagaimana cara untuk saling menyemangati usaha Bersama mencapai pemetaan asset yang baik

 

·        Membuat capaian realistis untuk tiap minggunya.

·        Membuat catatan besar target yang akan dicapai setiap minggunya

·        Memasang pengingat di jam tangan, hp, catatan untuk mengingat asset yang telah dicatat

 

A-tur eksekusi (Deliver)

      Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

      Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

 

       Siapa yang bisa memantau dan mengarahkan saya untuk mendata asset yang dimiliki sekolah?

       Siapa yang akan saya libatkan dari program ini.

       Kapan kegiatan ini akan dimulai?

       Bagaimana pencataatan kemajuan pemetaan asset Ketika selesai

       Siapa yang akan menampung curhatan dalam melakukan usaha pemetaan asset?

 

Menhgajak rekan sejawat yang mempunyai keinginan sama.

Bergabung dengan tim asset sekolah

 




                                      

0 Response to "3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"

Post a Comment

Flag Counter